Kuis 1 - 16 Oktober 2023
Nama : Gabrielle Immanuel Osvaldo Kurniawan
NRP : 5025211135
Kelas : PBKK A 2023/2024 (gasal)
Link source code : Repository
KUIS 1
1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?
Sesuai dengan namanya sendiri, framework adalah fondasi yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi berbasis web atau desktop. Kerangka kerja ini memiliki peran krusial dalam memandu developer untuk membuat aplikasi dengan struktur yang terorganisir dengan baik. Framework dirancang untuk memberikan dukungan yang signifikan kepada para pengembang. Ini menghilangkan kebutuhan pengembang untuk menulis kode yang sama berulang kali, karena dalam kerangka kerja, mereka hanya perlu menyusun komponen pemrograman yang telah disediakan. Selain itu, kerangka kerja biasanya dilengkapi dengan berbagai tools dan perpustakaan yang memudahkan dalam pemrosesan data, interaksi dengan basis data, manajemen tampilan, dan banyak aspek teknis lainnya. Ini membuat pengembangan aplikasi lebih efisien dan memastikan kualitas yang lebih baik.
Kerangka kerja dalam pengembangan perangkat lunak memiliki beberapa fungsi kunci:
a. Kode Terstruktur: Mengorganisir kode program secara terstruktur, seperti konsep Model-View-Controller (MVC).
b. Membantu Pengembang: Meningkatkan efisiensi dan kolaborasi tim pengembang.
c. Meningkatkan Keamanan: Menyediakan lapisan keamanan yang teruji.
d. Pemeliharaan dan Dokumentasi Mudah: Memudahkan pemeliharaan dan dokumentasi aplikasi.
e. Mempercepat Pengembangan: Menggunakan komponen siap pakai untuk mempercepat proses pengembangan.
2. Dalam pembuatan aplikasi, dikenal dengan Universal Windows Platform. Digunakan untuk membuat aplikasi yang mempunyai karakteristik seperti apa? Jelaskan sertai dengan contoh.
UWP (Universal Windows Platform), sebuah kerangka pengembangan dalam ekosistem .NET yang memiliki kemampuan luar biasa. UWP memungkinkan pengembang untuk menciptakan aplikasi dengan kemampuan lintas platform yang dapat berjalan di berbagai perangkat. Hal ini mencakup tidak hanya PC Windows, tetapi juga tablet, smartphone, dan perangkat lainnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan UWP, pengembang dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih, seperti tampilan responsif, integrasi dengan sistem operasi, dan dukungan untuk berbagai perangkat keras, sehingga memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman yang seragam dan konsisten di seluruh perangkat Windows yang mereka gunakan. Dengan kata lain, UWP memudahkan kami dalam menciptakan aplikasi yang lebih fleksibel dan mudah diakses oleh berbagai pengguna yang mengandalkan beragam perangkat Windows dalam kehidupan sehari-hari mereka. Aplikasi yang dibangun dengan UWP (Universal Windows Platform) memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dari aplikasi konvensional. Karakteristik-karakteristik ini meliputi:
Universal Compatibility
Aplikasi UWP dirancang untuk kompatibilitas universal, artinya mereka dapat dijalankan di berbagai jenis perangkat, seperti PC, tablet, dan smartphone. Contoh, sebuah aplikasi yang dibangun dengan UWP dapat digunakan atau diakses pada PC desktop, tablet Surface, atau ponsel.
Responsive Design
Aplikasi UWP mendukung desain responsif, yang berarti tampilan dan fungsionalitasnya dapat menyesuaikan diri dengan ukuran dan orientasi layar perangkat. Sebagai contoh, sebuah aplikasi media sosial UWP dapat secara otomatis mengatur tampilan untuk layar besar PC dan layar kecil ponsel.
Single Codebase
Pengembang dapat menggunakan kode yang sama untuk mengembangkan aplikasi UWP untuk berbagai perangkat. Ini mengurangi kerumitan dalam pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Sebagai contoh, aplikasi UWP untuk mengedit gambar dapat memiliki kode inti yang sama untuk PC dan tablet, dengan hanya beberapa penyesuaian tampilan.
Cross-Platform Compatibility
Meskipun fokus utamanya adalah platform Windows, UWP juga mendukung beberapa perangkat non-Windows, seperti Xbox, HoloLens, dan perangkat IoT. Sebagai contoh, sebuah aplikasi media streaming UWP dapat diakses melalui Xbox One untuk pengalaman hiburan di ruang tamu.
3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah desain aplikasi Koleksi Album foto yang bisa menghimpun foto, deskripsi , informasi foto diambil/ metadata, dan juga bisa menghapus maupun update.
Comments
Post a Comment